Sejarah Perkembangan
Sistem / Teknologi informasi
1. Masa Prasejarah
Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang
dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk
yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka
menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang
buruannya. Pada masa ini, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada
di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada
dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya
berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.
Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat
yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat
dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap
bahaya.
a. 3000 SM
Untuk yang pertama kali, tulisan
digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk
dari piktografisebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini
juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi
kata, kalimat, dan bahasa.
b. 2900 SM
Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno
menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan
bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika
simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan
menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini
lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
c. 500 SM
Pada 500 SM, manusia sudah
mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai
Nil.Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas.
Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau
media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan
dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media
informasi.
d. 105 M
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas
yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal
sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci,
kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem
pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
Kertas yang ditemukan Bangsa Cina
2. Masa Modern (1400 M s.d.
Sekarang)
a. Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan
plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang
terbuat dari kayu.
b. Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program
komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama denganCharles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan
data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin
ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara
kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
c. Tahun 1837
Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel Morse mengembangkan
telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode
sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan
pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim
dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh,
sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian,
Morse membangun peralatan relai yang
ditempatkan di setiap 32 km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk
mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya.
Relai terdiri dari sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem
telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman
pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk
perjalanan kereta api.
d. Tahun 1877
Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan
mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879,
sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem
pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua
pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor
telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.
Kartu Perforasi
e. Tahun 1889
Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan
perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880
membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan
berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu
sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data
sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu
dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil
sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan
dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.
Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
f. Tahun 1931
Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan
persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
g. Tahun 1939
Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer
elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami
perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan
komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.
h. Tahun 1973 – 1990
Pada masa ini, istilah internet
diperkenalkan dalam sebuah paper tentang
TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking)
diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa
rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANETyang dibangun oleh ARPA (United States Department of
Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan
awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa
pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56
Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
Pada 1 Januari 1983, ARPANET
menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal
dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi
sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah
berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang
ada.
i. Tahun 1991 – Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT
pertama kali terjadi ketika CERN memungut
bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada
1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa
pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data sertadatabase (oleh AT&T), jasa
registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa
informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan
sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan
menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan
umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi
informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan
sistem dan alat yang lebih canggih.
Perkembangan Komputer
1. Komputer Generasi Pertama
Pada komputer generasi pertama bernama ENIAC.ENIAC merupakan kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC merupakan komputer pertama yang diciptakan di dunia. Komputer ini memiliki berat kurang lebih 30 ton, panjang 30 meter dan tinggi 2,4 meter. Sedangkan daya listrik yang dibutuhkan komputer ini adalah 174 kilowatt. Pada komputer generasi pertama ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder.
Pada komputer generasi pertama bernama ENIAC.ENIAC merupakan kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC merupakan komputer pertama yang diciptakan di dunia. Komputer ini memiliki berat kurang lebih 30 ton, panjang 30 meter dan tinggi 2,4 meter. Sedangkan daya listrik yang dibutuhkan komputer ini adalah 174 kilowatt. Pada komputer generasi pertama ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder.
Bisa Anda bayangkan betapa rumitnya pembuatan komputer
generasi pertama ini. Selain memiliki bobot yang berat, komputer ini juga
harus memiliki ruang yang cukup besar untuk menyimpannya.
Dalam perkembangannya, komputer generasi pertama ini memiliki karakter sebagai berikut
Dalam perkembangannya, komputer generasi pertama ini memiliki karakter sebagai berikut
- Pada
komputer generasi pertama masih banyak mengeluarkan panas, sehingga
dibutuhkan banyak pendingin.
- Komponen
elektronika yang digunakan pada komputer ini menggunakan tabung hampa
udara (vacum tube).
- Program dibuat
dengan menggunakan Bahasa Mesin (Machine Language) dengan menggunakan kode
angka 0 dan 1, yang tersimpan didalam memori komputer.
- Untuk
menyalakan komputer membutuhkan daya listrik yang besar yaitu kurang lebih
174 kW.
- Kapasitas
penyimpanan data sangat kecil.
- Proses
pengoperasian komputer relatif lambat.
- Mempunyai
kapasitas yang besar sehingga membutuhkan ruangan yang besar pula untuk
menyimpannya.
- Berorientasi
pada aplikasi bisnis.
- Menggunakan
sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
2. Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor mempengaruhi pada perkembangan komputer. Dengan penemuan transistor ini menggantikan peran tube vakum pada televisi, radio dan komputer. Sehingga ukuran alat elektronik berkurang drastis.
Penggunaan transistor didalam komputer mulai tahun 1956. Penemuan lain yang berupa memori inti magnetik, membantu pengembangan komputer generasi kedua ini memiliki ukuran lebih kecil, lebih cepat, lebih hemat energi dan lebih dapat diandalkan dibandingkan penedahulunya generasi komputer pertama.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. Pada komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan bahasa mesin tetapi diganti dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner (angka 0 dan 1).
Pada awal tahun 1960-an, komputer generasi kedua mulai bermunculan dan banyak digunakan bidang bisnis, universitas dan pemerintahan. Pada komputer generasi kedua sepenuhnya menggunakan transistor. Adapun komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan data dalam disket, memory, sistem operasi dan program aplikasi.
Dalam perkembangannya, komputer generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Bahasa
pemrograman tidak lagi menggunakan bahasa mesin yang rumit, tetapi diganti
dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia seperti COBOL, FORTRAN,
ALGOL
- Sirkuit
terbuat dari transistor
- Ukuran lebih
kecil dibandingkan generasi pertama.
- Kapasitas
memori penyimpan data lumayan besar.
- Tidak
membutuhkan daya listrik yang besar.
- Berorientasi
pada bisnis.
- Pengoperasian
komputer sudah cepat.
3. Komputer Generasi Ketiga
Pada generasi sebelumnya, hampir seluruh
komputer menggunakan transistor. Penggunaan Transistor memang mampu mengungguli
tube vakum, namun penggunaan transistor dapat menghasilkan suhu panas yang
cukup besar, sehingga berpotensi merusak bagian-bagian komputer.
Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrumen mengembangkan sirkuit terintegrasi (Integrated Circuit / IC). IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah silikon piringan kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pengembangan IC yang terbuat dari pasir kuarsa mampu menangani masalah pada suhu panas.
Para ilmuwan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasil dari penemuan para ilmuwan tersebut membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan kedalam sebuah chip.
Kemajuan lainnya dari komputer generasi ketiga adalah dalam penggunaan sistem operasi atau operating system. Yaitu memungkinkan mesin bekerja untuk menjalankan program yang berbeda dalam waktu yang bersamaan dengan sebuah program utama yang bertugas memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Generasi Keempat
Pada tahun 1971, pembuatan Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC. Yaitu mampu meletakan seluruh komponen dari komputer ( Central Processing Unit, Memory dan kendali inpu/output) ke dalam sebuah chip yang berukuran kecil yang kemudian disebut mikroprosesor. Dengan berkembangnya mikroprosesor memungkinkan orang-orang biasa dapat menggunakan komputer. Dengan demikian komputer tidak hanya dimiliki perusahaan besar atau lembaga pemerintahan.
Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrumen mengembangkan sirkuit terintegrasi (Integrated Circuit / IC). IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah silikon piringan kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pengembangan IC yang terbuat dari pasir kuarsa mampu menangani masalah pada suhu panas.
Para ilmuwan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasil dari penemuan para ilmuwan tersebut membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan kedalam sebuah chip.
Kemajuan lainnya dari komputer generasi ketiga adalah dalam penggunaan sistem operasi atau operating system. Yaitu memungkinkan mesin bekerja untuk menjalankan program yang berbeda dalam waktu yang bersamaan dengan sebuah program utama yang bertugas memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Generasi Keempat
Pada tahun 1971, pembuatan Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC. Yaitu mampu meletakan seluruh komponen dari komputer ( Central Processing Unit, Memory dan kendali inpu/output) ke dalam sebuah chip yang berukuran kecil yang kemudian disebut mikroprosesor. Dengan berkembangnya mikroprosesor memungkinkan orang-orang biasa dapat menggunakan komputer. Dengan demikian komputer tidak hanya dimiliki perusahaan besar atau lembaga pemerintahan.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer
memperkenalkan produk mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini dikenal
dengan nama mini komputer yang dijual satu paket dengan perangkat lunak yang mudah
digunakan oleh orang awam.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan di kantor, sekolah dan rumah. Pada tahun pertamanya, PC telah digunakan 2 juta unit. Sepuluh tahun kemudian angka tersebut melonjak menjadi 65 juta unit. Dalam sejarah perkembangannya, komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada diatas meja (desktop komputer) menjadi komputer yang dapat dimasukan kedalam tas(laptop), bahkan ada komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
5. Komputer generasi kelima
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan di kantor, sekolah dan rumah. Pada tahun pertamanya, PC telah digunakan 2 juta unit. Sepuluh tahun kemudian angka tersebut melonjak menjadi 65 juta unit. Dalam sejarah perkembangannya, komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada diatas meja (desktop komputer) menjadi komputer yang dapat dimasukan kedalam tas(laptop), bahkan ada komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
5. Komputer generasi kelima
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang. Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor) Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
PERANGKAT KOMPUTER
Central
Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena
merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan
microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan
kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung
pada kinerja CPU-nya.
Contoh CPU :
Memori
Memori adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh
processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun
data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan
dimana masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa
nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori.
Memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu
memori internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan
memori eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).
Contoh memori :
Media
Penyimpanan
- Harddisk
Harddisk adalah media penyimpanan dengan
kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk dapat menimpan data sampai 400
gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi
komputer. Kecepatan putaran harddisk menetukan kecepatan akses ke setiap data.
Contoh harddisk :
- Disket
Disket digunakan untuk menyimpan data
sebagaimana halnya dengan harddisk. Perbedaannya disket hanya mampu menyimpan
data sampai 1,4 MB. Kelebihannya, disket digunakan untuk menyimpan dan
memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain.
Contoh disket :
- Flash Drive
Flash drive menggantikan kedudukan disket
karena ukurannya yang lebih kecil dan mempunyai kapasitas yang lebih besar
seperti 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB.
Contoh flash drive :
- CD-R
CD-R (Compact Disc-Recordable) dapat
menyimpan data yang cukup besar hingga 700 MB. Namun kecepatannya masih kalah
banding dengan harddisk.
Contoh CD-R :
- DVD
DVD (Digital Versatile Disc)
mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan
CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kealitas penyimpanan yang
sangat baik, oleh karena itu DVD biasanya digunakan untuk menyimpan film.
Contoh DVD :
Motherboard
Motherboard merupakan perangkat komputer
yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti processor,
memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot
tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard.
Contoh motherboard :
VGA Card
VGA Card adalah peralatan komputer yang
berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card
memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di
layar monitor.
Contoh VGA Card :
Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol
yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol
keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
Contoh keyboard :
Mouse
Mouse merupakan suatu perangkat yabg
digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah
perintah.
Contoh mouse :
Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang
memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa
yang sedang dilakukan oleh program-program atau komputer di layar monitor.
Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna
komputer melalui tampilan di layar monitor.
Contoh monitor :
Printer
Printer adalah perangkat output yang
digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk. Cetakan
tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai dengan
gambar.
Contoh printer :
Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk
menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone.
Contoh speaker :
UPS
UPS adalah perangkat keras yang menyuplai
listrik ke komputer apabila terjadi pemutusan arus listrik. UPS menyimpan
energinya di dalam battery.
Contoh UPS :
Pemanfaatan Sistem Informasi
dalam perkembangan
kehidupan sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk pendidikan,
industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak.
Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia
bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi
kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan
memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan
keuntungan mereka.
Manfaat IT dalam
membangun suatu individu, perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak
besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu
Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat
pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara
mudah.
Manfaat
IT Untuk Bisnis dan Perusahaan
Dengan memanfaatkan IT
untuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan
perusahaan di dunia. Berikut ada beberapa manfaat penting IT untuk bisnis dan
pada sebuah perusahaan.
1.
IT dapat memperluas pangsa pasar.
2.
IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
3.
IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
4.
IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
5.
IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
Pemanfaatan
IT untuk mendukung berbagai kebutuhan dan perkembangan organisasi, individu dan
perusahaan tentu akan mendatangkan sesuatu yang positif. Namun perlu diketahui
bahwa IT dapat membuat kita menjadi insan yang lebih berarti dengan
memanfaatkannya untuk hal yang positif. Manfaat IT untuk hal yang positif tentu
akan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan.
sponsored
links
Manfaat
IT untuk Kehidupan Sehari Hari
Dalam kehidupan sehari
hari IT memang memegang peranan penting tidak mengenal dan ada batasan usia, IT
menjadi suatu hal yang harus dan menjadi kebutuhan pokok semua individu. IT
menjadi bahan utama dalam berbagai kegiatan apapun seperti perkuliahan, belajar
mengajar, dan kegiatan lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat
IT untuk kehidupan sehari hari yang kita perlukan atau yang kita alami
sendiri.
1.
Menambah ilmu pengetahuan.
2.
Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari.
3.
Lebih praktis
4.
Menambah jaringan teman.
5.
Mendapatkan informasi secara mudah dan gampang.
PEREMBANGAN PERANGKAT
KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
A . PEMAHAMAN KOMPONEN PERANGKAT
KERAS
Perangkat
keras komputer atau hardware adalah perangkat pada komputer yang berbentuk
fisik (dapat disentuh). Perangkat komputer sendiri dibedakan menjadi dua yaitu
perangkat keras dan perangkat lunak istilah asingnya yaitu Hardware (perangkat
keras) dan Software (Perangkat lunak). Hardware sendiri berfungsi dengan baik
dikarenakan adanya software sebagai sistem yang menjalankanya.
INPUT
Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
- Keyboard :
berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
- Mouse : berfungsi untuk
menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta
menjalankan perintah dengan klik
- Touchpad : Touchpad
berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse
dan biasa di jumpai pada laptop.
Masih banyak lagi perangkat lainya seperti joystik, scanner, voice recognizer, dan lain-lain.
PROCESS
Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.
PROCESS
Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.
- CPU / Processor : merupakan
singkatan dari central processing unit atau yang juga dikenal dengan
istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem
komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
- Memori / RAM (random access Memory) :
Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk
sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka
dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer.
- Motherboard :
Merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara
satu dan yang lain.
- VGA Card (Video Graphic Array) :
Biasa juga disebut kartu grafis yang berfugsi untuk memberikan tampilan
berkualitas pada layar komputer. Biasanya setiap mainbord sudah memiliki
VGA bawaan, namun untuk kualitas beresolusi tinggi yang jernih VGA Card
sangat diperlukan.
- Power Supply:
berfungsi untuk menghantarkan aruslistrik sebagai pengontrol besarnya
voltasi yang masuk ke komputer.
- Casing Unit: Merupakan tempat dimana
semua perangkat disatukan.
KONTROL
Setiap komputer mempunyai unit kontrol yang
menjemput instruksi penyimpanan utama, menginterpretasikan instruksi itu, dan
menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk
sistem itu. Ia mengarahkan semua opeasi hardware yang diperlukan untuk mematuhi
instruksi itu.
OUTPUT
Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:
- Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi
untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar
- Speaker : befungsi untuk
mengeluarkan suara dari komputer
- Printer : untuk mencetak pada media
kertas, dan sebagainya
PENYIMPANAN
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
- Hardisk : Perangkat penyimpanan
utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan sebutad Drive :C,
Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
- Floppy Disk : Biasa
dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat
populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang
sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
- CD/DVD : Penyimpanan ekternal
berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
- Flashdisk : Perangkat
penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa
menyimpan dan menghapus data.
PEMAHAMAN KOMPONEN
PERANGKAT LUNAK
Evolusi Perangkat Lunak
pengembangan
perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap
pertama dimulai
pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada
tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun
1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi
user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa
saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu
interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap
kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi
dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari
banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang
diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang
beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap
ketiga,
dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan
perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah
menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari
komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini,
perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain itu,
pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah
sedemikian jauh.
Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Keempat dimulai
tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi
dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini
komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. TIngkat
kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak
atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.
Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan,
sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel
sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman
sudah berorientasi obyek (OOP).
Klasifikasi Perangkat Lunak
1 . Perangkat lunak system
·
Sistem Operasi,
sistem operasi yaitu perangkat
lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta
operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi
seperti pengolah kata dan browser web. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat
lunak aplikasi yang sangat kita butuhkan jika tidak memiliki sistem operasi di
dalamnya. Dewasa ini, tersedia berbagai pilihan sistem operasi, misalnya Linux,
Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh dan Microsoft Windows.
·
Bahasa Pemrograman,
bahasa pemrograman yaitu
intruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada
komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang
dimengerti komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan
menerjemahkannya. Berdasarkan levelnya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3
kelompok, yaitu: low level language (contohnya bahasa
Assembly), middle level language (contohnya bahasa C dan C++),
dan high level language (contohnya bahasa BASIC dan Pascal).
·
Program Utility,
program utility yaitu
perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan
meningkatkan kinerja komputer. Salah satu contoh program utility adalah
antivirus. Sistem operasi biasanya tidak dilengkapi dengan antivirus. Karena itu
kita harus menambahkan sendiri program utility ini. Contoh lain program utility
adalah program untuk mempartisi hardisk dan merapikan file-file yang tersebar
di hardisk (disebut defragmentasi).
2. Perangkat Lunak aplikasi
-
Program
Aplikasi Pengolah Kata,
Program
aplikasi pengolah kata digunakan untuk pengolahan naskah-naskah, seperti
surat-menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi
(brosur, liftlet, kartu undangan, kartu nama), dan lainnya. Beberapa contoh
program pengolah kata: Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, dan
lain-lain.
- Program
Aplikasi Pengolah Audio dan Video
Perangkat lunak
ini digunakan untuk mengolah suara dan gambar bergerak, mulai dari pembuatannya
hingga proses penyuntingannya. Kita dapat mengambil beberapa gambar disertai
animasi, transisi antargambar sehingga dihasilkan sebuah tampilan yang dapat
kita nikmati dalam bentuk suara, musik, dan gambar video. Beberapa contoh
program aplikasi pengolah audio video, yaitu Pinnacle, Vegas, After Effect,
Cool 3D, Ulead Studio.
-
Program
Aplikasi Akses Internet,
Program aplikasi ini digunakan untuk mengakses
internet. Perangkat ini sangat membantu kita dalam mencari informasi dan
bertukar informasi dalam bidang ilmu, berita, hobbi, dan sebagainya. Beberapa
contoh program aplikasi akses internet yaitu, Microsoft Internet Explorer,
Netscape Communicator, Acrobat Reader, Mozila FireFox, dan lain-lain.
0 komentar:
Posting Komentar